New Picture (1)

URGENT : BAHAYA GLOBAL RUU SENSOR INTERNET “SOPA-PIPA” BUATAN AMERIKA SERIKAT

Managed and edited by : Firmansyah Shidiq Wardhana (January 19th 2012 : 00.45)

WIKIPEDIA KOK JADI ANEH

Rabu , 18 Januari 2012 : 22.00 WIB

Dalam hati saya bergumam “ Sudah lama rasanya diri ini tidak meng-update informasi dari layanan wikipedia” . Maklum saja karena ensiklopedia gratis  ini telah menjadi trendsetter kompilasi data global dalam 1 dasawarsa ini sebagai referensi ilmu dari seluruh masyarakat global. Kemudian saya lanjutkan memencet tuts keyboard computer dan mengetik kata demi kata untuk membuka jendela jagat dunia masa millennium yakni Wikipedia berbahasa inggris menggunakan yang menggunakan domain .com

Namun apalah daya ternyata yang saya temui hanyalah dialog box berisikan tulisan “IMAGINE A WORLD WITHOUT FREE KNOWLEDGE” yang ternyata usut punya usut ini merupakan salah satu upaya Wikipedia CEO yakni Jimm Wales and Wikimedia Corporations sebagai bentuk BLACKING OUT (aksi protes dan boycott produk/jasa) terhadap US Senate dan US House of Representative yang sedang melakukan penggodokan judicial serta upaya legalisasi Undang-Undang Anti pembajakan yakni undang-undang SOPA dan PIPA.

Ternyata 18 January 2012 hari ini adalah hari FIGHT SOPA PIPA upaya pemrotesan undang-undang SOPA dan PIPA yang dinyana sebagai case baru US Senates dan Dewan Kehakiman US untuk berupaya penegakan hukum anti pembajakan , hak cipta atas barang-jasa dan pelanggaran terhadap teknologi internet (internet infringements)

 

LEBIH JAUH TENTANG SOPA DAN PIPA

I. Apa itu SOPA and PIPA

Menurut Wikipedia, SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Address) adalah adalah undang-undang HKTi (hukum kekayaan teknologi informasi dan hak cipta) yang diajukan secara legal-offisial oleh senator dan pejabat tinggi AS (pada 26 Oktober 2011 atas prakarsa Dewan Perwakilan Ketua Komite Kehakiman US yakni Lamar S. Smith dan kelompok bipartisan 12 Komite Kehakiman AS)

2. Apa Yang Diatur Dalam SOPA dan PIPA

Dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang/jasa digital dari pembajakan global (global piracy).

SOPA dan PIPA mengatur bagaimana dunia maya seharusnya menurut tatanan Komite Kehakiman US dan Senates US serta tentunya penggunanya. Namun, undang-undang ini tidak sesederhana itu, banyak hal dari undang-undang ini akan mengubah cara kerja internet saat ini.

3. DASAR UTAMA DAN POKOK ISI DALAM SOPA PIPA

Terdapat beberapa hal yang menjadi dasar perintah utama undang-undang SOPA dan PIPA  ini:

  1. Memerintahkan ISP untuk mengubah server DNS mereka dari membaca nama domain suatu situs di negara luar AS yang menyimpan konten ilegal seperti video, lagu, atau gambar (intinya, diblok).
  2. Memerintahkan search engine seperti Google , Yahoo , Altavista atau lainnya untuk mengubah kueri pencariannya untuk mengecualikan situs yang menyimpan konten illegal dan mengandung unsur-unsur pembajakan (jadi jika anda cari di situs pencari, situs ini tidak akan ditemukan).
  3. Memerintahkan layanan pembayaran online seperti Amazon, dsb untuk mematikan akun dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.
  4. Memerintahkan layanan iklan seperti Google Adsense untuk menolak iklan atau pembayaran dari situs luar AS yang menyimpan konten ilegal.

(Sumber : SINDO Media Cost : 17 January 2012)

4. BAHAYA IMPLEMENTASI LEGALISASI SOPA DAN PIPA

Dengan disahkannya dan diimplementasikannya SOPA dan PIPA, tentu saja akan membuat para raksasa teknologi internet sekelas Wikipedia,Google, Yahoo, Facebook dan Mozilla berteriak. Karena hal ini adalah salah satu bentuk pembangunan FRAMEWORK of REPRESSIONS and SUPRESSIONS of TECHNOLOGY.

Otomatis, akan banyak sekali aspek dari tatanan teknolohi Internet yang akan berubah, salah satu implementasi dari legalisasi yang SOPA dan PIPA terhadap Internet adalah DNS Filtering dan yang diyakini oleh para ahli internet dan salah satunya, Mozilla, bahwa hal tersebut akan mengakibatkan masalah proteksi super ketat keamanan pada Internet dan juga melambatkan kinerja internet saat ini. Ada juga dampak-dampak lain yang akan terjadi pada internet, antara lain:

  • Banyak blog (blogsspot, wordpress dan webly) atau situs blogging online yang akan disensor secara ketat dan ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto ataupun media lain yang diklaim dibajak oleh sang pemilik.
  • Sedangkan dampaknya secara global adalah pengunjung dunia maya tidak akan lagi bisa melakukan kegiatan mengunduh software di mediastream maupun scribd sevata gratis , melakukan bootlegging dan upload self-video di You-Tube , melakukan live-free streaming video dan semacamnya karena undang-undang tersebut menganggap illegal dengan tujuan melindungi hak cipta .
  • Berbagai macam situs-situs web service dan sosial media seperti Multiply, Facebook, YouTube, rapid*share, Twitter, Flickr, dll akan mengalami banyak masalah dan dituntut karena konten-konten yang dikontribusi oleh publik akan disaring dan disensor secara ketat untuk meminimalisir terjadinya pembajakan dan pencuriaan hak kekayaan.
  • Kreatifitas, breaktrough dan Inovasi dan perkembangan teknologi dari Internet akan mengalamai stagnanisasi dan akan melambat karena perusahaan-perusahaan baru harus dapat memenuhi standar dari SOPA dan PIPA yang dilakukan oleh AMERIKA SERIKAT.

5. FAKTA – FAKTA DI LAPANGAN TERKAIT SOPA DAN PIPA

ANTI SOPA-PIPA

Pada 18 January 2012 ini ditengarai sebagai kali ketiga hari FIGHT SOPA PIPA dengan Wikipedia sebagai center of actionnya melakukan black out pada halamannya selama 24 Jam dan mengecam pihak US senates untuk mengimajikan tagline bahwa ‘BISAKAH MEREKA MEMBAYANGKAN DUNIA TANPA ILMU YANG GRATIS UNTUK DIAKSES MASYARAKAT GLOBAL?”

Pada November lalu Mozilla juga telah melakukan aksi black outnya untuk menggali dukungan dari global internet user agar melawan legalisasi SOPA PIPA. Kemudian pada Desember 2011 lalu, koalisi anti-SOPA memasang iklan satu halaman penuh di hampir semua media massa nasional. Tak tanggung-tanggung, Google bahkan menyewa 15 firma pelobi untuk menghadang paket RUU itu agar tidak sampai disahkan. Dilansir dari kaskus.US per 17 Januari 2012 bahwa jumlah perusahaan dan aliansi global ANTI SOPA PIPA hanyalah 58 Perusahaan dan aliansi pendukung. Jumlah ini hanyalah separuh jumlah pendukung legalisasi SOPA PIPA

 

PENDUKUNG LEGALISASI SOPA PIPA

Namun, musuh yang dihadapi anti-SOPA itu tidaklah lawan kacangan, mereka lawan sekaliber baja.Menurut kaskus.us lebih dari data yang telah dihimpun pada 17 January 2012 terdapat 124 Perusahaan dan Aliansi telah menyatakan keberpihakannya pada SOPA PIPA. Antara lain industri musik, film dan kamar dagang Amerika berada dibalik RUU tersebut. Salah satunya Asosiasi Distributor Film Amerika (MPPAA) organisasi yang membawahi nama beken seperti Universal Pictures, Sony, Warner Bros dan 20th Century Fox. MPVA dan MPPA selama ini dikenal sangat getol menarget situs luar agar tak bisa diakses warga AS dan dipandang sebagai pihak selalu kalah bila berhadapan pembajak asing yang melanggar hak cipta SOPA PIPA.
Sedangkan dalam Kongres dukungan terhadap paket yang terdiri dari dua RUU itu juga sangat serius apalagi dukungan dari Komite Kehakiman yang memprakarsanya .

6. APA YANG BISA KITA LAKUKAN ?

Layaknya sebagai manusia yang beradab dan berpendidikan , maka sudah sepatutnya kita serta merta harus peduli dengan apa yang terjadi dengan current issue SOPA dan PIPA ini.

Jangan hanya diam dan menunggu apa yang akan terjadi. Karena esensi manusia yang beradab adalah memiliki atensi terhadap apa yang terjadi di sekitarnya.sekecil apapun itu.

Padahal sebagaimana kita ketahui bahwa efek legalisasi SOPA dan PIPA akan menjadi sebuah ancaman besar bagi pengguna internet dunia , terlebih lagi bagi Indonesia yang tidak perlu diragukan lagi eksistensi masyarakat online-nya tertinggi ke 4 di dunia baik di Youtube, Wikipedia , Google , Amazon dan Social Media (FB,TWt dan lain-lain).

Bayangkan saja jika upaya black-out ini akan dilakukan oleh Google Inc. selaku search engine dunia yang tiap harinya senantiasa setia membantu kita selama 24 jam kemudian melakukan seperti apa yang dilakukan oleh Wikipedia sebagai aksi protes terhadap US Senate, US Judiciary Ministry and US House of Representatives.

AYO LAKUKAN REAL ACTION …..

JANGAN HANYA MENUNGGU DAN MENUNGGU

SEBELUM TERLAMBAT DAN SEBELUM  TANGGAL 24 JANUARY 2012 k

karena ingat bahwa pada tanggal ini akan dimulai voting di US SENAT mengenai legalisasi undang-undang SOPA dan PIPA.

INGAT KITA MEMILIKI HAK UNTUK BERSUARA

LINDUNGI FREEDOM OF SPEECH , FREEDOM OF EXPRESSSION < FREEDOM OF GETTING KNOWLEDGE dan FREEDOM OF INTERNET USAGE

CARANYA BERAKSI : DUKUNG PETISI FIGHT SOPA melalui :

1. http://americancensorship.org/

Ikuti prosedur yang telah tercantum dalam website tersebut. Ingat satu suara menentukan FREEDOM OF SPEECH AND INTERNET USAGE kita menggunakan Teknologi Internet.

Referensi :

www. Kaskus.us

www.sidomi.com

http://www.wikipedia.com/SOPA

Advertisements

8 comments on “URGENT : BAHAYA GLOBAL RUU SENSOR INTERNET “SOPA-PIPA” BUATAN AMERIKA SERIKAT

  1. udah baca di timeline twitter sih dari kpn hari tp blm “ngeh” mksud nya apaan -_- thanks a lot for make it clear brothaa 😀

  2. IMAO, aku sih ngak setuju sama pemblokiran social network such as Twitter dkk, dan pembatasan inovasi dan kreativitas web dengan cara restriksi atau apapun itulah bentuknya. tapi kalo di[ikir lebih jauh lagi nggak salah juga bagi perusahaan musik dan film, yang sudah lama dirugikan, mendukung RUU ini. Just put yourself in their shoes. kalian udah bikin film atau video clip, atau music dengan biaya yg beyond imaginable hanya untuk dibajak, siapa yang mau?
    but I don’t wanna be hypocrite, akupun suka dengan film2 bajakan, who in the world don’t wanna get something for free?? Tapi setidaknya ini bisa jadi pelajaran berharga biar kita bisa lebh mandiri 🙂
    furthermore sebagai bentuk protes lebih baik negara2 maju, like Japan and other like, ciptain aja domain sendiri atau domain internasional yg bisa menjadi wadah baru internet tanpa bisa diatur oleh pemerintah AS..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s